say it with crystal

this is about me, my days, my thoughts and my bead jewelry work. Some postings are in indonesian, and some are in english.

Donnerstag, Dezember 07, 2006

Lomba Merangkai Manik Cantik



Setelah beberapa bulan terakhir ini kasak-kusuk dibelakang layar dengan Nadia Yuniardo, si empunya Bundainbiz.com, akhirnya kami berdua sepakat untuk meng-gol kan ajang lomba merangkai Manik Cantik, hasil kerja bareng Weblog Manik2Cantik dan Bundainbiz.

Acara Lomba ini terbuka untuk umum, siapa saja bisa ikutan selama bersedia memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Hadiahnya, selain mendapatkan uang tunai Rp.250.000,- juga karya peserta akan dimuat didalam buku merangkai Aksesori yang akan saya susun, plus mendapatkan 1 free exemplar buku saya terbaru dan free exemplar buku merangkai aksesori dimana karya peserta dimuat.

Tertarik??
Silahkan cek detail lomba di http://lomba.manik-cantik.com
Jangan ketinggalan ya....pendaftaran terakhir 24 Desember 2006..
Saya tunggu karya2 anda.!

Salam,
Mia Gofar

Samstag, Oktober 21, 2006

Before Lebaran...

Hari Kamis ini pas Nieza telpon soal kue kering, gue baru sadar lebaran udah tinggal 2 hari lagi dan gue belum bikin kue kering...hmmm...
Minggu ini waktu selipan gue abis buat bikin pesanan asesori orang yg harus gue bawa pas acara lebaran plus siapin barang baru untuk toko disini. God...so schnell die Zeit gelaufen.

Suami bilang, gak perlu bikin kue, aber ich will. Gue kangen ama nastar, kaastaengels, apalagi putri salju...hmmm...
So, sorenya sambil antar Kay tae Kwon Do, belanja terigu dll,..Jum'at abis antar anak-anak sekolah, langsung start bikin nastar. Tapi harus kepotong, karena harus jemput Kay dan ada janji sprechstunde ama gurunya Kay. So, back to real life. Adonan taruh kulkas, berhubung ilmu perkue-an gue terbatas, gue pasrah aja deh tuh nastar jadi apa nggak....hehehehe
Balik jemput anak-anak, mampir ke toko Asia dulu, beli santan buat rendang dan opor. DI kepala masih mikir, gak yakin bahwa gue bisa kerjain semua plus masak buat siapa, lha wong rencananya kita mau ngabisn Senin Lebaran ini di Muenchen, Selasa di undang teman gue yang lain. Jadi bisa jadi makanan di rumah gak kemakan. Tapi so wieso gue beli juga. Lebaran bow..masak gue gak masak..:-(

Abis nastar, bikin kaastaengels. Selesai mrintilin kaastangels udah 10 menit menjelang buka, masih nekad ngadonin putri salju. Abis itu Dante agak anget, jadi abis buka puasa bawa tidur dia dulu, eh ndilalah, guenya ketiduran , anaknya keluar lagi. Jadilah akhirnya gue bangun.
Sambil nyuapin Dante makan, mrintilin itu si putri salju. Sambil ngantuk-ngatuk, gue ngebayangin, gimana rasanya orang yang bisnis kue kering ya..mungkin kayak gue gini ya, ngantuk2 mrintilin kue. Kalau gue sich, bentuk asal2an bodo amat, tapi kalau orang buat untuk dijual khan kudu cakep ya...

Tapi senang banget gue, waktu si putri salju selesai, Dante gak berhenti2 makanin. Ilang deh cape mrintilin ngliatin dia makan sambil bolak balik bilang "enak ma. Ich will noch eine mehr!". Kay gak mau coba putri saljunya, karena kayaknya dia udah kenyang makanin kasstaengels. Nastar yang awalnya gue gak yakin dia maupun , dia makan. Sambil bilang "hmm...lecker. gut gemacht ma!"...wah...ilang deh cape seharian...:-).
Pas nemenin tidur dia bilang , "mama, du hast hunderte Plaetzchen heute gebacken, und ich habe hunderte Plaetzchen aus gegesen. :-)". Wah...kesannnya gue tukang kúe banget ya....tapi dengar itu, gue langsung mikir...harusnya gue sering2 ya bikin kue buat anak-anak....tapi gue malass.....gak sempat kalau gak dipaksa. (alasan klasik..:-) ).

Anyway, it's almost lebaran, dan gue mo bilang:

Buat teman-teman yang merayakan iedul Fitri,

Kami sekeluarga mengucapkan :

SELAMAT IDUL FITRI 1427H
Mohon maaf lahir dan bathin

Taqobalallohu minna wa minkum..shiyamma wa shiyamakum…
Semoga segala amal ibadah kita selama bulan Ramadhan di terima Allah SWT
Dan semoga kita semua dapat kembali kepada fitrah yang suci.


Maafin ya kalau ada tulisan gue disini yang sengaja atau tidak sengaja membuat perasaan tidak enak, tidak nyaman dll.
Maafin juga kalau gue gak rajin update. Gosh...I wish I had more energy than I had now.
Sekarang juga mau buru2 bangun karena masih inget ada sisa putih telur mau gue buat lidah kucing aja.

Montag, Oktober 02, 2006

Kutu Rambut

Udah sejak minggu lalu di Kindergarten Dante heboh soal kutu rambut. Ini karena dilaporkan ada salah satu anak yang ketauan di kepalanya ada telur si kutu ini, langsung deh satu kindergarten heboh. Kebetulan anak tersebut di kelas yang sama dengan Dante.

Setiap pagi kedengaran ibu2 berdiskusi dengan kepala Kindergartennya, gue sich santai2 aja.
kebayang jaman dulu, jaman piyik, jaman SD dulu, ada teman gue, perempuan yang rambutnya panjang namun terkenal berkutu...karena memang banyak sich, kalau rambutnya tergerai keliatan deh tuh telurnya. Inget juga kalau gue sempat kena karena kebetulan doski tetangga dan kita suka pulang sekolah bareng. Inget deh gue setiap kali nyokab nyisirin rambut, pakai peditox (masih ada nggak sich sekarang tuh obat?).

Tapi heboh nyokab gue rasanya gak seheboh disini. Gurunya Dante bilang, kalau keliatan Dante gatal2, langsung bawa ke dokter...gue cuma : iya...sambil senyum2.
Begini nich kalau di negara steril, kutu rambut aja kudu ke dokter..:-)
Kebayang di Indo orang mau ke dokter aja setengah mati ngantri nungguin si dokter. Gimana kalau di Indonesia orang kutuan pergi ke dokter juga ya, makin naik daun deh tuh para dokter...hehehehe..

So, tadi pagi, urusan kutu rambut ini bukan cuma perbincangan saja. tetapi di post surat masing.-masing anak udah bertengger surat pemberitauan urusan per kutuan ini , plus surat pernyataan orang tua bahwa orang tua mengerti pentingnya urusan kutu2 an ini dan lengkap dengan penyataan bahwa orang tua akan menyisiri rambut anaknya sehari sekali untuk meriksa ada kutu apa nggak, dan kalau ada kutu akan di treatment, ke dokter dll, kalau pernah ada dan ada lagi, akan mengulangi treatment yang sama... Tandatangan :-)

Hehehehe...busyet dah...:-)

Freitag, September 01, 2006

Selamat jalan my friend...

Tadi pagi kebangun tidur langsung inget untuk cari kabar tentang Inong, yang sejak kemarin dalam kondisi koma. Cerita persisnya gue gak tau, mungkin bisa liat di blog Hani, yang kebetulan sama-sama di Singapore.

Sedih dengar cerita jatuhnya Inong....asmanya kambuh, manggil ambulance, ambulancenya datang 30 menit setelah dipanggil. Selama pingsan sempat brainnya gak dapat asupan oksigen, sehingga terjadi kerusakan brain yang cukup parah mengakibatkan koma.

Dengar cerita itu gue shock. Masya Allah...gue langsung ngebayangin kalau itu kejadian sama gue yang boleh dibilang setiap pagi dirumah sendirian. Pas YM-an ama Echa tanya2 Inong, ternyata pas kejadian itu ada mamanya Inong di rumah. Walaupun itu situasi yang kurang bagus, tapi tetap, gue ngerasa bersyukur, Inong pingsan ditangan bundanya....

Dari kemarin sempat dengar berita simpang siur tentang Inong, tapi ternyata karena boleh dibilang pas koma itu, Inong memang tergantung sama alat bantu. Sementara kemungkinan untuk pulih kembali sangat kecil. Oh God...

Dan tadi pagi..buka milist hanya untuk baca kabar terakhir tentang Inong....Inong udah dipanggil Allah Swt. Inong yang cantik, yang ramah, yang gak pelit bagiin resep, yang senang warna ungu, yang sempat beli perhiasan gue beberapa kali dan sempat ngehadiahin gue 2 toples kecil dengan lukisannya yang lucu....Inong udah gak ada...Inong dan dapur bundanya...yang resep kue keringnya masih gue pakai tiap lebaran...yang toplesnya masih ngehias kamar anak2...

Selamat jalan Inong...
Orang bilang...orang baik dipanggil duluan...dan gue percaya..
Semoga Allah menerima segala amal kebaikan mu Inong...
Semoga Allah menempatkan mu di sisi Nya..

Amin.

Samstag, Juli 29, 2006

My Jewelry Website

I just launched my other bead and jewelry website called: "Manik Cantik". It's Indonesian word for "beautiful bead". I first started it as a jewelry blog, in Indonesian Language. I put some articles and informations you might wish to know about jewelry, gemstones, beads, and or beaded jewelry, included some basic tutorial on bead jewelry making and some simple projects you might want to try on.

Please check it out, and let me know what you think. If you have any suggestion to improve the blog, please let me know..

Cheers,
Mia

Sonntag, Juli 16, 2006

Did we do the right thing?

Kadang-kadang pada saat kita mau tidur kita suka kepikiran, apa yang terjadi hari ini, apa yang telah kita lakukan hari ini, apakah itu benar, apakah itu yang terbaik, apa yang terjadi bila hal kebalikannya yang kita lakukan, dan sebagainya dan lain sebagainya.

Itu juga yang terjadi sama gue, setiap mau tidur mesti kepikiran things have done, today, yesterday, last week dan anytime in the past, yang berefek sampai hari ini. Did I do the right thing? Could things be better if I did not do that?

Tapi pikir demi pikir, kesimpulan gue cuma satu. Kebenaran itu tidak absolut. Kebenaran itu tergantung dari mana kita melihatnya. Segala sesuatu ada sisi baik dan sisi buruknya. Tergantung kita mau ngambil yang mana. Kalau kita ambil jeleknya, segala sesuatu akan tetap jelek. Kalau kita ambil baiknya, segala kejadian akan tetap bisa kita terima, karena walaupun jelek, kita bisa melihat sisi baiknya.

Things happen in the past, might not be exactly the same with what you perceived it now. It could be worst or could be better. Gue inget banget, ada beberapa komentar orang yang pada saat orang itu lontarin ke gue, gue santai-santai aja, gak ambil pusing. Mungkin karena memang mood gue lagi baik dan gue gak perduli. Belakangan, pas sampai rumah, mikir-mikir, baru mulai ngedumel, "Sialan! kenapa gue gak sautin ya dia ngomong gitu!. ".

Atau sebaliknya, omongan orang yang mungkin sebenarnya gak bermaksud nyakitin, karna memang gak bisa basa-basi apa gimana, tapi karena kita nerimanya dengan mood jelek, bikin kita BT. Padahal sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi, apalagi ditambah dengan sedikit pengetahuan ttg karakter yang bersangkutan, mungkin kita bisa ngerti dan nggak perlu merasa sakit hati.

Gue inget film "Final Cut" Robbie Williams. Singkat cerita, dia merasa berdosa bahwa dia ninggalin teman mainnya yang jatuh pas lagi main titian balok kayu dalam kondisi bergelinangan darah, dan gak bergerak. Dalam ingatan dia, temannya itu jatuh, disekitarnya ada kubangan darah, tapi dia keburu dipanggil orang tuanya dan karena dia di desa itu cuma mampir, dia juga gak cerita ke orang tuanya, bahwa anak itu jatuh dan mungkin perlu bantuan. Sampai dewasa dia selalu dibayangi pemandangan anak itu jatuh dan merasa berdosa bahwa anak itu meninggal.

Tetapi belakangan dia ketemu orang yang mirip dengan anak itu setelah dewasa. Dan dari hasil rekaman penglihatannya, kita bisa liat bahwa yang ada di bayangan dia tentang teman mainnya masa kecil itu tidak 100% benar. Temannya memang jatuh, sempat tidak bergerak. Tapi kubangan disekitar temannya itu bukan darah, tapi minyak atau oli hitam. Dan setelah dia pergi teman mainnya itu bangun lagi. Dan bayangan dia bahwa dia yang ajak temannya untuk niti kayu lapuk itu juga salah, tetapi justru temannya itu yang ajak-ajak dia untuk niti kayu itu.

So, point gue adalah ingatan kita tentang satu kejadian itu bisa jadi tidak sepenuhnya benar. Karena dipengaruhi emosi kita, dipengaruhi pikiran kita, dipengaruhi ego kita. We hear only what we want to hear. We see what we want to see. We don't see enough, we don't hear enough.
Your truth based on what you hear, what you see. And mine based on mine too. Your story based on what you want people to perceive you, and I guess everyone does, including me.
So, the truth is out there. Who knows.

Balik lagi, kalau semua orang punya 'pembenaran' sendiri, gimana kita harus hidup bermasyarakat? Cuek aja? masa bodoh? santai aja asal nggak ngerugiin gue, kalau ngerugiian awas aja? atau gimana?

Ada beberapa kejadian yang gue tau persis bahwa ingetan gue gak salah, and I did the right thing. But still gue coba toleransi. Dan ada beberapa kejadian yang belakangan setelah gue pikir-pikir bisa aja gue salah, bisa aja gue kebawa emosi, dan gue akuin. Tapi gue berharap, mudah2an pemikiran ini bukan cuma pemikiran gue seorang, maksud gue, ya nature-nya manusia untuk berbuat salah, jadi kalau ada yang bilang gue gue gak 100 persen benar, apa artinya dia yang 100persen benar? Karena terus terang gue paling sebel banget deh kalau ada orang yang selalu merasa bahwa dia yang paling benar. Woii, bangun Om, tante....naturenya manusia untuk berbuat kesalahan. Nabi aja buat kesalahan kok, masak kita yang cuma manusia biasa nggak mau ngakuin berbuat salah...

So, sampai malam ini, gue selalu mengintrospeksi diri gue sendiri setiap mau tidur, Did I do the right thing today?. Kalau pikir-pikir ternyata agak malu2in, ya ngaku 'ndiri lah, at least jujur sama diri sendiri perlu khan...sambil berharap I could do better tomorrow.

Samstag, Juli 01, 2006

Float like the water...

I sometimes feel sorry for some ones who look for their happiness too far
But forget to dig their self to find their own peace
And find their true unmistakable happiness

I do not say that I am the happiest person in the world or that I was always happy all the time
I am a human. It’s human’s nature to feel sad, sorry and also happy and joy
I just thought that one should be able to find their peace
Let every bad thing go off the peace mind
Enjoy the rest, unspotted beauty of life
And let oneself melted with it
As it flows like a water on a stream

Float like the water in your stream life
Enjoy the wave, the blue sky, the sound of the bird
The trees dancing you good bye
The stone shaping you through
The sea waving you welcome

You live as the life wanted you
Peace, joy, happy…